Sudah berapa lama engkau menjalankan puasa daud?

Sudah berapa lama engkau menjalankan puasa daud? ini merupakan pertanyaan sederhana yang mungkin dianggap momok bagi para pelaku puasa daud, ada dilema besar dalam menyampaikan jawaban. disatu sisi berbohong merupakan hal yang sudah pasti tidak dilakukan kecuali itu dalam situasi kebohongan yang diperbolehkan. disisi lain kalau menjawab jujur khawatir akan menjadi ria, pamer atau sombong sehingga menggugurkan amal. namun saya yakin para sahabat pelaku puasa daud pasti punya trik khusus karena orang-orang yang menjalankan ibadah puasa ini dengan benar punya kemampuan diatas rata-rata manusia normal. untuk menjawab pertanyaan ini perlu melihat situasi, kondisi serta maksud manfaat atas diberikanya suatu jawaban. berikut beberapa situasi yang mungkin terjadi.

 

Berterus terang untuk memberi semangat agar ikut menjalankan puasa daud

Para pemula yang hendak menjalankan ibadah ini seringkali memerlukan alasan agar bersedia melaksanakanya, niatnya belum bisa 100% ibadah. misalnya agar meraih kesehatan, kesuksesan, kekayaan, kesaktian dan beragam kelebihan lainya yang seharusnya bukanlah dijadikan sebagai tujuan utama dalam menjalankan puasa daud, yang betul yaitu niatnya tetap ibadah kepada Allah sedangkan masalah kelebihan dan keajaiban yang timbul dalam perjalananya hanyalah sebagai bonus semata. Mereka memerlukan cerita dari orang-orang yang sudah lebih dahulu menjalankan puasa daud, biasanya yang ditanyakan seputar berapa lama sudah menjalankan puasa dan manfaat apa saja yang sudah didapat. jika itu dirasa cocok dan bagus maka bisa melecut semangat. biarlah dalam perjalananya niat itu bisa kembali lurus untuk ibadah. jadi tidak ada salahnya berterus terang kepada mereka asalkan dalam hati kita tidak ada maksud untuk pamer atau sombong, segera beristighfar apabila muncul rasa itu.

Diam karena takut pamer atau sombong

Diam juga merupakan jawaban yang aman jika kita khawatir akan sombong jika buka mulut, atau bisa juga dengan mengalihkan pembicaraan sehingga tidak perlu menjawab secara gamblang.

 

Apapun situasi dan kondisinya saya yakin masing-masing punya trik jitu dalam menghadapi pertanyaan ini. jadi sudah berapa lama engkau menjalankan puasa daud? dan manfaat apa saja yang sudah engkau rasakan? 🙂

2 thoughts on “Sudah berapa lama engkau menjalankan puasa daud?”

  1. Abdullah berkata:

    Assalam wrwb, usul nih, bgmn klo qt buat group WA eksklusif hanya utk org yg puasa daud, dg niatan utk saling menguatkan keimananan dan ibadah hanya krn Allah Ta’ala… Mungkin di web ini bisa di kasih no kontak admin, terimakasih. Mari kita jauhi riya’.

    1. ahadi berkata:

      Waalaikumsalam wr wb, usulan yang bagus, alhamdulillah semoga bisa menjadi sarana untuk bersilaturahmi, kontak admin di email puasadaud@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas