Rutin menjalankan puasa daud bisa membuat diri kita semakin kuat

Rutin menjalankan puasa daud bisa membuat diri kita semakin kuat, disadari atau tidak menjalankan ibadah puasa sunah terbaik ini akan menempa kita menjadi pribadi yang lebih baik yaitu semakin bertaqwa, kita tahu bahwa yang namanya puasa itu ada yang diwajibkan yaitu dibulan Ramadhan atau puasa yang dilakukan karena membayar nadzar (janji), ada juga yang disunahkan seperti senin kamis, tanggal 13, 14, 15 hijriah setiap bulanya, atau puasa daud yang dilakukan dengan cara sehari berpuasa dan sehari tidak. jika kita selidiki, ternyata banyak sekali manfaat puasa daud, setidaknya kita akan lebih kuat dalam hal-hal berikut.

 

Kuat menahan lapar dan haus

Puasa berarti menahan untuk tidak makan dari sejak imsyak sampai adzan maghrib, karena sudah terbiasa dengan perut lapar maka kita tidak akan kelimpungan ketika suatu saat terpaksa dalam kondisi kelaparan. bahkan terkadang kita justru benci dengan perut kenyang karena itu bisa menjadi penyebab ketidakseimbangan tubuh, seperti kerusakan pada organ pencernaan serta yang lainya.

Kuat bangun malam

Jika kita sering melaksanakan makan sahur berarti bisa bangun sebelum imsyak, nah.. tidak semua orang bisa bangun pagi alias selalu kesiangan sehingga itu berpotensi mengganggu aktifikas kerja atau usaha. kita tahu bahwa yang namanya bekerja kalau berangkatnya sering telat ya berpotensi kena teguran atau bahkan dipecat, yang menjalankan usaha juga bisa ditinggalkan konsumen kalau waktu pelayananya tidak tepat.

Kuat menahan sedih ketika susah

Dalam puasa juga ada aktifitas menunda untuk melakukan hal-hal yang disenangi, peluang untuk bersenang-senang bisa jadi terbuka lebar, namun kita berlatih untuk menunda kesenangan tersebut, hal ini bisa menempa diri kita untuk menjadi lebih sabar dan tenang ketika dalam kondisi kesusahan.

Kuat menahan keinginan

Yang namanya keinginan itu bisa jadi penyemangat dalam bekerja atau berusaha, namun adakalanya keinginan itu bisa membuat kita terjebak kedalam penderitaan hidup, misalnya ingin menunjukan kesuksesan dengan bermewah-mewah diluar kemampuan, seperti dengan membeli gadget mahal, mobil mewah, rumah megah serta sejenisnya. akhirnya jatuhnya ke hutang kreditan yang berpotensi tidak bisa bayar. jika itu tidak bisa dikendalikan dengan baik maka yang namanya penyesalan itu adanya dibelakang. nah.. ketika puasa kita terbiasa menunda keinginan, contohnya rasanya haus ingin minum tapi nanti saja kalau sudah adzan maghrib, hal ini akan berimbas pada kehidupan kita seperti rasanya ingin beli mobil tapi nanti saja menabuung dulu kalau uangnya sudah terkumpul.

Kuat mengatur diri

Orang sukses adalah yang bisa mengatur dirinya dengan baik sehingga bisa melakukan hal-hal yang memberi manfaat, hal itu perlu kedisiplian, kerja keras, mengusir malas, tidak menunda-nunda serta berbagai sikap positif lainya, dan sikap-sikap tersebut akan lebih terdidik dan bertambah kuat ketika terbiasa menjalankan puasa.

Kuat menahan emosi

karena puasa itu juga menahan diri dari melakukan hal-hal yang bisa membatalkan atau mengurangi pahala puasa, maka ketika marah kita mencoba untuk meredamnya, ketika benci kita coba untuk mengecilkan volumenya, ketika iri kita coba untuk memperbesar kesabaran dalam diri. dengan begitu maka diri kita akan terlatih dalam menahan emosi.

Kuat dalam bekerja atau berusaha

seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa dalam puasa itu kita terdidik secara sikap, sedangkan yang namanya attitude atau sikap itu adalah modal terbesar untuk sukses dalam berkarir atau berwiraswasta, sering bangun di sepertiga malam terakhir untuk sahur juga membuat pikiran kita lebih tenang serta berpotensi mendapatkan banyak inspirasi yang sangat mendukung kemajuan karir atau usaha.

Tubuh kuat karena sehat

Organ pencernaan kita yang digunakan seperluanya maka bisa membuatnya lebih awet serta memeliharanya dari kemungkinan terkena berbagai macam penyakit, hal ini jauh berbeda jika kita tidak terbiasa berpuasa yang apa saja ingin dimaksukan ke mulut tapi perut kerepotan mencernanya.

Kuat secara keuangan atau ekonomi

Karena kita bisa mengendalikan keinginan dengan baik serta bisa bekerja atau berusaha dengan maksimal, maka hal itu merupakan modal besar untuk kuat secara ekonomi, bagaimana tidak kuat kalau penghasilan berlimpah dan bisa mengalokasikanya kedalam hal-hal yang bermanfaat.

 

Begitulah beberapa kelebihan yang akan kita dapat jika rutin menjalankan puasa daud bisa membuat diri kita semakin kuat, yang pasti masih banyak lagi kelebihan lainya. namun jadikanlah itu hanya sebagai bonus bukan tujuan utama, sedangkan tujuan kita menjalankan puasa adalah untuk beribadah semata-mata kepada Allah Tuhan yang telah memberikan kita kehidupan sehingga sudah sepantasnya kita bersyukur dengan menjalankan segala perintahnya baik itu yang wajib maupun sunah serta menjauhi segala laranganya, dengan begitu insya Allah hidup kita menjadi sukses, kuat, bahagia di dunia serta akherat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lewat ke baris perkakas