Puasa sunah yang paling baik yaitu puasa daud

Puasa sunah yang paling baik yaitu puasa daud yaitu selang-seling berpuasa sehari dan berbuka sehari. bisa dilaksanakan bertahun-tahun tetapi berbuka disaat har-hari yang diharamkan berpuasa seperti saat idul fitri, idul adha, dan hari tasyrik yaitu tangga 11,12,13 bulan dzulhijah. malam harinya dalam kondisi berbuka, puasanya disiang hari saja yaitu dimulai dari imsyak adzan subuh sampai dengan adzan maghrib menahan diri dari makan minum serta mencegah diri dari melakukan hal-hal yang dapat membatalkan ibadah puasa. yang dimaksud puasa sunah yaitu jika dikerjakan mendapat pahala, dan apabila tidak dikerjakan tidak berdosa. namun rugi apabila tidak melaksanakanya karena sangat besar manfaatnya untuk meraih kebahagiaan hidup di dunia dan akherat.

 

Hadis tentang puasa sunah dan shalat sunah terbaik

“Puasa yang paling disukai di sisi Allah adalah Puasa Daud, dan shalat yang paling disukai Allah adalah Shalat Nabi Daud. Beliau biasa tidur di pertengahan malam dan bangun pada sepertiga malam terakhir dan beliau tidur lagi pada seperenam malam terakhir. Sedangkan beliau biasa berpuasa sehari dan buka sehari.” [HR. Bukhari dan Muslim]
Nabi Muhammad SAW bersabda

فَصُمْیَوْمًاوَأَفْطِرْیَوْمًافَذَلِكَصِیَامُدَاوُدَعَلَیْھِالسَّلَاموَھُوَأَفْضَلُالصِّیَامِفَقُلْتُ
لَاأَفْضَلَمِنْذَلِكَ أُطِیقُأَفْضَلَمِنْذَلِكَفَقَالَالنَّبِيُّ إِنِّي

“Maka berpuasalah engkau sehari dan berbuka sehari, inilah (yang dinamakan) Puasa Daud ‘alaihissalam dan ini adalah puasa yang paling afdhal. Lalu aku (Abdullah bin Amru radhialahu ‘anhu} berkata sesungguhnya aku mampu untuk puasa lebih dari itu, maka Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam berkata: “Tidak ada puasa yang lebih afdhal dari itu. ” (HR. Bukhari No : 1840)

Pada hadis tersebut dijelaskan puasa terbaik yang paling disukai allah yaitu puasa daud, dan tidak ada puasa sunah yang lebih baik dari itu.

 

Selain puasa daud ada juga berbagai macam puasa sunah lain yang lebih ringan seperti berpuasa di setiap tanggal 13,14,15 bulan hijriyah, puasa senin kamis, puasa arafah dan tarwiyah serta yang lainya. namun bagi yang menjalankan puasa daud hendaknya fokus dengan jadwalnya saja dan boleh ditambahkan dengan niat puasa sunah lainya apabila jatuhnya dihari yang bertepatan denganya. apabila jadwal puasa daud jatuh di hari jumat tidak apa-apa tapi mengkhususkan puasa di hari jumat justru tidak boleh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas